Kenali Manfaat Vaksin Rotavirus Untuk Kesehatan Anak


Imunisasi atau pemberian vaksin sangat penting agar perkembangan anak tidak terganggu. Selain pemberian imunisasi lengkap saat bayi, terdapat tambahan vaksin untuk menunjang kesehatan anak. Diantaranya adalah vaksin Rotavirus sebagai pencegahan penyakit diare pada anak.

Selain itu anak, anak dominan terserang diare melalui berbagai hal. Misalnya penularan orang sekitar atau karena kondisi lingkungan, apalagi penyakit tersebut disertai muntah, sakit perut, demam sehingga menimbulkan diare berat. Tetapi, pemberian vaksin membuat anak terhindar diare walaupun kontak dengan penderita Rotavirus.

Manfaat Vaksin Rotavirus Untuk Kesehatan Anak

Banyak anak yang terlambat vaksin Rotavirus lantaran orang tua menganggap vaksin tersebut tak penting. Padahal penting untuk kesehatan anak, apalagi zaman modern ini penyakit baru bermunculan dan menganggap kesehatan generasi anak bangsa. Berikut ada manfaat  yang didapat, diantaranya adalah:

Menjaga Kekebalan Tubuh Anak

Pemberian dosis vaksin Rotavirus yang tepat efektif melindungi anak dari berbagai penyakit penyebab Rotavirus. Sejatinya, setiap daerah memiliki kondisi lingkungan berbeda. hal tersebut membuat balita lebih cepat terserang diare jika imunitasnya rendah. Bahkan memicu dehidrasi tinggi dan harus dirawat di Rumah sakit.

Sebagai orang tua harus jeli dan tepat memberikan vaksin untuk buah hati. Dengan begitu kekebalan tubuh anak selalu terjaga apapun kondisi lingkungannya, umumnya vaksin diberikan saat usia 2 bulan, 4 bulan dan 6 bulan. Tetapi, imunisasi pertama diberikan saat anak berusia 15 minggu. 

Tidak Mudah Terkena Penyakit Menular

Sejatinya, penyakit yang disebabkan Rotavirus mudah menular dan setiap penderita memiliki gejala yang berbeda. Tentunya hal itu tergantung sistem kekebalan tubuh anak, jika imunitasnya tinggi maka penularan penyakit rotavirus cenderung lama. Tetapi jika kekebalan rendah bisa saja seketika saat kontak fisik dengan penderita.

Pemberian vaksin sesuai anjuran dokter membuat anak kebal terhadap penyakit menular. Memang, sebagian orang tua kasihan jika anaknya terlalu banyak diberikan vaksin tambahan. Alasannya lantaran khawatir terjadi efek samping atau hal berbahaya, untungnya pemberian vaksin rotavirus minim efek samping atau jarang terjadi efek samping.

Anak Bebas Mengonsumsi Berbagai Makanan

Terkadang, orang tua bingung memberikan menu makanan anak lantaran sering diare ketika menyantap beberapa makanan. Alhasil anak rewel karena makanan favoritnya dilarang, pastinya orang tua dilema. Padahal, pemberian vaksin tambahan membuat anak bebas mengonsumsi berbagai makanan. Yang terpenting makanan sehat dan bergizi.

Anda tak perlu khawatir melakukan pemberian vaksin untuk anak dimana, pasalnya vaksin yogyakarta siap melayani masyarakat luas. Dengan pelayanan memadai dan tim perawat sigap melayani keluhan masyarakat mengenai pemberian vaksin dan cara pemberiannya.

Perlu diketahui, cara pemberian vaksin rotavirus adalah oral ke dalam mulut anak. Untuk jenis vaksinnya ada 2, yaitu Rotateq dan Rotarix. Untuk jenis Rotateq diberikan 3 kali saat bayi berusia 6 sampai 14 minggu, pemberian ke 2 diberikan saat usia 4 sampai 8 minggu. Sementara pemberian ke 3 saat usia 8 bulan.

Untuk jenis Rotarix diberikan 2 kali, saat usia 10 minggu dan 14 minggu. Sementara maksimal pemberiannya saat usia 6 bulan, jika lebih dari 6 bulan sebaiknya tidak diberikan.

Informasi mengenai vaksin Rotavirus beragam dan memiliki banyak manfaat. Tetapi jika anda masih ragu bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai cara kerja, efek samping dan hal penting mengenai vaksin. Anda bisa menggunakan layanan Halodoc, dengan begitu konsultasi bisa dilakukan secara online. Cukup download aplikasi Halodoc dan nikmati layanan yang diberikan, bahkan anda bisa membeli obat atau membuat janji dengan dokter.

Tidak ada komentar untuk "Kenali Manfaat Vaksin Rotavirus Untuk Kesehatan Anak"