4 Ciri Lowongan Kerja Palsu


Lowongan kerja palsu menjadi hal yang masih marak terjadi. Bagi para pencari kerja, adanya lowongan pekerjaan dengan syarat yang tidak terlalu banyak menjadi hal menggiurkan. Padahal, bisa saja lowongan kerja tersebut hanyalah penipuan. Perusahaan outsourcing jakarta membantu para pencari kerja yang ingin segera mendapatkan pekerjaan.

Lowongan kerja palsu menjadi momok menakutkan bagi banyak pencari kerja. Nah, agar tidak menjadi korban selanjutnya, berikut beberapa ciri lowongan kerja palsu yang sebaiknya kamu perhatikan.

Syarat terlalu mudah dan umum

Bagi para pencari kerja, khususnya yang belum memiliki pengalaman, persyaratan yang mudah dan tidak terlalu spesifik menjadi hal menggembirakan. Misalnya, perusahaan hanya membutuhkan ijazah SMA jurusan apa saja, tidak perlu memiliki pengalaman, dan berusia di atas 20 tahun. Jika kamu membaca lowongan kerja ini maka kamu perlu berhati-hati mengingat syarat lowongan kerja di jaman sekarang terlalu sulit.

Menawarkan gaji yang terlalu tinggi


Di poin ini mungkin kamu sudah bisa menebak jika lowongan kerja yang ditawarkan adalah palsu. Jika kamu melamar di posisi admin dan perusahaan berani memberikan gaji sebesar 10 juta rupiah, maka kamu perlu berhati-hati. Hal ini termasuk tidak wajar dan hampir tidak ada perusahaan yang mau melakukannya, terutama jika skala perusahaan tersebut tidak terlalu besar.

Menggunakan nama BUMN

Jika kamu sering melihat lowongan kerja yang mencantumkan nama BUMN atau perusahaan negeri lainnya. Kamu harus berhati-hati. Ingatlah untuk selalu melakukan cek ke situs perusahaan terkait sebelum melamar. Sebab, bisa saja lowongan pekerjaan tersebut adalah palsu.

Membayar biaya travel atau training

Jika kamu diberitahukan telah diterima di perusahaan A namun harus melakukan training terlebih dahulu dan membayar travel, maka bisa dipastikan lowongan kerja tersebut adalah palsu. Perusahaan yang benar dan lowongan kerja yang asli tidak akan memungut biaya sedikitpun kepada para kandidat. Modus penipuan ini biasanya dilakukan oleh perusahaan travel yang menginginkan pelanggan dengan cepat.

Modus penipuan kini semakin marak, selain penipuan lowongan kerja, kini bahkan ada juga fraud yang biasanya dilakukan di bank. Untuk itu, pencegahan fraud di bank harus dilakukan untuk menghindari hal-hal semacam ini. Selalu berhati-hati saat melakukan transaksi atau kegiatan lain yang berkaitan dengan uang, ya.

Tidak ada komentar untuk "4 Ciri Lowongan Kerja Palsu"